Kamis, 23 Juli 2009

MINUM KOPI DAPAT KURANGI JUMLAH SPERMA

Banyak diantara kita menyimpan kebiasaan minum kopi, lebih-lebih didukung musim hujuan seperti sekarang ini. Tampaknya, mulai sekarang kita perlu waspada. Pasalnya, kopi memberikan kontribusi besar untuk mengurangi sperma kaum pria.

imagesMajalah New Scientist merilis informasi bahwa zat kimia (phytoestrogen) dalam kafein dapat mengurangi jumlah sperma. Untuk mencegah efek buruk dari kopi, maka konsumsi yang ditolerir tidak lebih dari 400 miligram kafein sehari.

Zat lainnya bernama isoflavon, pengganti hormon estrogen pada wanita, juga mengalami hal yang sama. Penelitian yang dilakukan pada lebih dari 300 wanita telah berhasil membuktikan mereka yang minum kopi lebih dari tiga cangkir sehari cenderung memiliki payudara lebih kecil dibanding yang minum kurang dari itu.

Namun, hasil yang lebih mengejutkan adalah mereka memiliki lebih sedikit risiko kanker payudara. Hasil ini didapat dari penelitian yang dilakukan terhadap lebih dari 14.500 wanita yang meminum lima cangkir kopi sehari. Sebanyak 50 persen di antaranya terkurangi risiko terhadap kanker payudara ketimbang wanita yang hanya minum kopi dua cangkir sehari.

Kajian di Negara Amerika Serikat sebelumnya menemukan fakta bahwa hanya minum kopi tiga cangkir sehari dapat memicu kerusakan pada sperma, keguguran, dan melahirkan anak cacat. Karena itu, ibu hamil sebaiknya minum kopi tidak lebih dari dua cangkir sehari. Dan secara serius mempertimbangkan saran “berpuasa” minum kopi, setelah penelitian terbaru menyebutkan bahwa konsumsi kafein - bahkan dalam taraf yang moderat - bisa meningkatkan potensi terjadinya keguguran kehamilan.

Badan Standar Makanan Inggris pernah menetapkan batas konsumsi kopi perempuan hamil adalah 300 mg atau sekitar empat cangkir per hari.

Namun, kemudian sebuah penelitian di Amerika mendapati bahwa 200 mg kafein membuat resiko keguguran dua kali lebih besar dibandingkan resiko perempuan yang tidak menyeruput kopi.

Seperti dikutip dari siaran resmi lembaga penelitian Kaiser Permanente, zat kafein tiap harinya dikonsumsi oleh perempuan hamil.

Mengapa kafein Berbahaya??

Berikut ini beberapa hal mengapa sebaiknya anda menghindari minuman yang mengandung kafein selama hamil:

1. Kafein akan meningkatkan detak jantung dan metabolisme anda.
2. Meningkatkan perasaan cemas.
3. Menyebabkan sulit tidur.
4. Menimbulkan sakit kepala.
5. Merangsang cairan dalam lambung yang menimbulkan rasa panas atau perih (heartburn), Kafein bersifat diuretic sehingga anda akan lebih sering buang air kecil.
6. Menyebabkan kehilangan kalsium.
7. Dan satu hal terpenting mengapa anda sebaiknya menghindari atau mengurangi teh/ kopi anda, karena kafein mereka mengandung phenol yang menyebabkan tubuh sulit untuk menyerap zat besi. Padahal kita tahu zat besi dibutuhkan tubuh anda apalagi selama kehamilan ini.

Kafein yang terkandung dalam berbagai bahan makanan dan minuman di antaranya, kopi, teh, cola, coklat, minuman soft drink, juga terdapat pada beberapa obat-obatan untuk sakit kepala, flu, alergi. Tentu saja jumlah kandungan kafein dalam kopi dan teh bervariasi luas, tergantung dari apakah bentuk instant, seduh, keras atau lemah kandugannya.

Ingatlah perkembangan bayi dalam kandungan anda tergantung dari apa yang anda konsumsi selama kehamilan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar